Direkomendasikan Kepada Pengunjung Blog "Tempat Cangkruk Arek Agribisnis" memakai Mozilla Firefox agar mendapatkan tampilan yang apik.. Terima Kasih Telah Sudi Mampir Di Blog Kami.. "Jayalah Negeriku - Jayalah Perikananku"

13 May, 2009

Budidaya Rajungan Belum Populer


Budi daya rajungan dan kepiting di Indonesia belum populer. Nelayan masih mengandalkan hasil tangkapan kepiting atau rajungan yang berkembang secara alamiah. Di pihak lain masih banyak yang belum percaya bahwa ahli Indonesia mampu menangkar kepiting dan rajungan, mulai dari telur sampai anak-anak kepiting,.

Kepala Risert Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan Indroyono Soesilo Sudarman mengatakan, meski potensi kepiting dan rajungan yang tumbuh secara alamiah di laut sangat melimpah, untuk memenuhi permintaan konsumen hanya mengandalkan hasil tangkapan. Itu tidak akan dapat memenuhi permintaan pasar, terutama pasar luar negeri yang terus meningkat. Disisi lain penangkapan yang hanya mengandalkan ketersediaan alam dikhawatirkan menyebabkan potensi laut ini akan cepat punah.


Cara terbaik untuk memenuhi ketersediaan kepiting dan rajungan menurut dia adalah dengan budidaya. Namun, untuk mengembangkan budi daya ini perlu sosialisasi kepada masyarakat, terutama nelayan. Dengan budi daya, ketersediaan (restocking) kepiting dan rajungan dapat dijamin dan berkesinambungan sehingga permintaan luar negeri dapat dijamin.

Diungkapkan saat ini permintaan kepiting dan rajungan dari pengusaha restoran sea food luar negeri setiap bulan 450 ton. Permintaan tersebut baru dapat dipenuhi dari hasil tangkapan yang jumlahnya jauh di bawah permintaan pengusaha restoran sea food, terutama dari Amerika Serikat. "Sedang dari hasil budi daya Indonesia baru dapat memberikan kontribusi 1 ton setiap bulan," ungkap Indroyono kepada Kompas di atas Kapal Patroli TNI AL, Rabu (16/10). Dari kapal ini pula ia bersama sejumlah anggota Komisi III DPR menebar 1,8 juta anak kepiting hasil budidaya di perairan dekat Laguna Segara Anakan dan Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Penebaran anak kepiting sebagai program restocking akan memberi manfaat besar bagi nelayan yang nantinya menangkap kepiting dan rajungan. Keberhasilan program ini dapat dilihat dari tingkat kesejahteraan nelayan setelah kepiting dan rajungan tumbuh menjadi besar di alam. Kalau dari hasil tangkapan tersebut kesejahteraan nelayan meningkat ini berarti program restocking kepiting dan rajungan berhasil.

Agar kepiting hasil budidaya dapat memberi manfaat berkesinambungan, penebaran anak kepiting dan rajungan itu harus dilakukan berkesinambungan pula. "Jangan hanya menangkap rajungan dari alam saja," ujar Indroyono.

Dikatakan, perairan Cilacap dan Laguna Segara Anakan tidak hanya potensial untuk pengembangan budi daya kepiting dan rajungan, akan tetapi juga rumput laut. Saat ini di Laguna itu tengah dikembangkan budidaya rumput laut.

Menurut Indroyono, terdapat tiga jenis rumput laut yang dapat dikembangkan di perairan Segara Anakan masing-masing jenis Graselaria, yukema dan jenis fargazum. Dalam kontek inilah ia bersama sejumlah anggota Komisi III DPR serta sebuah tim kecil dari Kantor Riset Kelautan dan Perikanan mengunjungi Cilacap yang antara lain untuk menjajaki kemungkinan mendirikan pabrik untuk mengolah rumput laut menjadi agar-agar.

Sumber

Artikel Yang Berhubungan



1 comment:

  1. assalamualaikum, saya bpk Ruslan dari malaysia ingin investasi dalam usahasama membangunkan pembenihan kepiting dan budi kepiting baik di indonesia atau malaysia. Saya memerlukan partner yang punya ilmu dan pengalaman dalam bidang ini. sesiapa yang berminat sila email ke saya mhakim93@gmail.com atau flexinet@gmail.com. salam ruslan

    ReplyDelete

Matur sembah nuuwun sudah sudi mampir dan beri komentar.. Jangan lupa kembali lagi Yach...