Direkomendasikan Kepada Pengunjung Blog "Tempat Cangkruk Arek Agribisnis" memakai Mozilla Firefox agar mendapatkan tampilan yang apik.. Terima Kasih Telah Sudi Mampir Di Blog Kami.. "Jayalah Negeriku - Jayalah Perikananku"

01 January, 2009

TNI AL Amankan Dua Kapal Ikan Di Laut Jawa


Kapal Perang RI (KRI) Sura-802 dari Satuan Kapal Patroli Komando Armada RI Kawasan Timur (Satrol Koarmatim) berhasil mengamankan dua buah kapal ikan masing-masing KM Bintang Mas Perintis dan KM Jasa Mina Agung di sekitar perairan Laut Jawa (29/11) karena saat berlayar tidak dilengkapi dengan dokumen kapal. KM Bintang Mas Perintis yang dinakhodai oleh Nasata, berbobot mati sekitar 65 gross tonage dengan muatan ikan campuran sebanyak 15 ton. Diamankan aparat TNI AL karena saat berlayar tidak dilengkapi dengan buku pelaut, tidak ada buku sijil dan fishing ground tidak sesuai dengan Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) Sedangkan KM Jasa Mina Agung yang berbobot mati 113 gross tonagge dinakhodai oleh Ramijan, diketahui membawa ikan seberat 4 ton.
KM Jasa Mina Agung tidak dilengkapi dengan SLO, tanda pelunasan habis masa berlakunya, buku pelaut tidak ada serta VMS tidak ada. Atas pelanggaran tersebut, KM Bintang Mas Perintis yang diawaki oleh 37 ABK dan KM Jasa Mina Agung yang diawaki oleh 33 ABK dikawal KRI Sura-802 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Hari Triwibowo ke Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar, Sulawesi Selatan, untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut. Berdasarkan pemeriksaan awal aparat TNI AL, KM Bintang Mas Perintis diketahui sedang berlayar dari Pekalongan, Jawa Tengah, sedangkan KM Jasa Mina Agung berlayar dari Juwana, Jawa Tengah. Keduanya sedang berlayar menuju Fishing Ground. Beberapa dokumen yang ditemukan diantara Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), Surat Ijin Usaha Perikanan (SIUP), Surat Ijin Berlayar (SIB), Pas Tahunan, Surat Ukur, Sertifikat Radio dan surat kelaikan. Kepala Dispen Koarmatim Letkol Laut Toni Syaiful

Sumber

Artikel Yang Berhubungan



No comments:

Post a Comment

Matur sembah nuuwun sudah sudi mampir dan beri komentar.. Jangan lupa kembali lagi Yach...